my ads

neobux

click n' win 2

Tabloid PULSA

Saturday, July 21, 2012

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Di Bulan Puasa


Tidak terasa kita mulai menginjak lagi bulan Ramadan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Ramadhan tidak hanya mengajarkan berpuasa menahan lapar dan dahaga dan bersabar, namun sarat dengan nilai-nilai mulia.
Untuk menunaikan amal ibadah selam bulan suci, kesiapan fisik dan mental harus terus diperhatikan. Bagaimana caranya menjalankan puasa dan ibadah ramadhan namun tubuh tetap sehat dan bugar?
Berikut ini adalah tips bugar dan sehat menurut Dr. Fenny Yunita, pakar Herbal Medical Consultant, lulusan S2 dari Universitas Indonesia:
1. Mengatur Menu Makanan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan daftar menu makanan sehat dan seimbang. Dengan adanya perencanaan menu, Anda akan memiliki rencana makan yang rapi selama bulan Ramadhan. Sehingga, Anda tidak akan kalang kabut saat menentukan menu berbuka puasa.
2. Mengatur Menu Minuman. Hal selanjutnya adalah dengan mengatur jenis minuman yang akan Anda konsumsi. “Kurangi konsumsi teh, kopi dan minuman bersoda. Perbanyak minum air putih, sebanyak 8-10 gelas sehari saat berbuka puasa dan santap sahur. “Mengonsumsi minuman bersoda dan berkafein akan membuat Anda terjaga di malam hari, dan memiliki efek diuretic pada tubuh,” tutur Fernny.
3. Tidur. Tidur Malam yang baik juga diperlukan untuk memastikan keseimbangan tubuh di hari berikutnya, terutama bagi mereka yang beraktifitas rutin (bekerja atau belajar). Sebagai ganti waktu tidur yang terganggu, Anda bisa mengganti waktu tidur di sore hari menjelang berbuka. Karena kurang tidur akan menyebabkan gelisah, sakit kepala dan masalah pencernaan yang buruk.
4. Suplemen dan Olahraga. Selain mengonsumsi suplemen penunjang, tentunya harus dibarengi dengan olahraga teratur. Karena dengan olah raga, sikrulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar. Anda bisa memilih waktu untuk berolahraga ringan atau nge-gym, pada saat sebelum berbuka. Mulailah dengan gerakan-gerakan yang ringan terlebih dahulu, karena otot-otot Anda cenderung tidak bekerja penuh dalam seharian.

No comments:

Post a Comment